Pentingnya Pelatihan Potensi Investasi Regional

Foto : Sosialisasi dan Pelatihan Potensi Investasi Regional (PIR) serta rapat akhir penyediaan peta potensi di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Rabu (07/08/2024)

Voicenusantara.com. Palangka Raya – Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Provinsi Kalimantan Tengah, Sri Widanarni, resmi membuka Sosialisasi dan Pelatihan Potensi Investasi Regional (PIR) serta rapat akhir penyediaan peta potensi di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Rabu (07/08/2024)

Dalam sambutannya, yang mewakili Sekretaris Daerah, Sri Widanarni mengatakan, sebagai salah satu instrumen penting dalam upaya meningkatkan perekonomian suatu wilayah, maka penanaman modal tidak hanya membutuhkan perencanaan investasi yang baik, tetapi juga sangat memerlukan promosi dan penyajian data-data yang terkini.

Hal ini untuk memberikan informasi-informasi mengenai kewilayahan daerah. Seperti karakteristik kedaerahan, potensi dan peluang investasi serta data dukung lainnya.

“Guna mengakomodasi kebutuhan ini, Kementerian Investasi/BKPM RI telah menyediakan Sistem Informasi Potensi Investasi Regional (PIR) berbasis geospasial. Sistem ini memuat informasi lengkap tentang profil daerah di 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, termasuk data demografi, komoditas, pendapatan, Upah Minimum Regional (UMR), serta infrastruktur pendukung,” jelas Sri.

Melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan PIR, Sri mengajak semua pihak untuk memperkuat komunikasi, koordinasi, dan penyediaan data/informasi yang sinergis.

Hal ini diharapkan dapat meminimalisasi kendala dalam pemutakhiran PIR sehingga proses berjalan lancar dan pada akhirnya mampu menarik minat investasi di Provinsi Kalimantan Tengah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, serta memberikan dampak positif bagi pengembangan investasi, mendukung kemajuan pembangunan daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah,” pungkasnya. (Red/Cko/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *