Jaya : Poktan Manawau Sejahtera Sebagai Contoh Pengembangan Jagung Hibrida

Foto: Bupati Gunung Mas Jaya S Monong dan lainnya usai tanam jagung hibrida.

VN – Kuala Kurun – Bupati Gunung Mas Jaya S Monong bersama Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing dan lainnya mengikuti tanam perdana jagung hibrida dari kelompok tani (poktan) Manawau Sejahtera Desa Tanjung Riu, Kecamatan Kurun, Selasa, 28/11/ 2023.

“Kawasan ini kedepannya kita harapkan menjadi salah satu contoh kawasan dengan pengembangan jagung hibrida. Sehingga masyarakat sekitar, bahkan di Kabupaten Gunung Mas ini menjadi berpikir dan mempunyai harapan bahwa usaha pertanian memberikan harapan bagi peningkatan perekonomian keluarga,” ujar Jaya.

Kemudian, harapan bahwa wilayah kita ini masih memiliki banyak alternatif sumber penghasilan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan hingga anak-cucu nanti, dan yang pasti adalah masyarakat berdaulat dan memanfaatkan atas tanah yang dimiliki.

Dalam kesempatan tersebut, Jaya berpesan kepada Kepada seluruh petani tetap semangat mengembangkan diri dan mampu menerima transfer keahlian/kemampuan atas pelaksanaan program kemitraan ini dan dia harapkan 5 tahun ke depan petani sudah mampu mandiri dalam melaksanakan usaha budidaya sendiri.

“Para penyuluh kami harapkan juga mampu mengimbangi kegiatan ini dan tetap menjadi garda terdepan dalam melaksanakan fungsi fasilitator, motivator dan organisator kepada para petani kita,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas Aryantoni menjelaslan bahwa pengembangan tanaman jagung hibrida yang dilakukan di Desa Tanjung Riu, Kecamatan Kurun terdapat tiga kelompok tani pengembang yaitu poktan Manawau Sejahtera, Manawau Makmur dan poktan Manawau Bahagia dengan masing-masing alokasi 20 haktera dan target pengembangan seluas 60 haktare.

“Pembukaan lahan telah dimulai sejak minggu kedua pada bulan November tahun 2023 dan telah dilakukan pembukaan lahan seluas 16 Ha dan telah dilakukan penanaman perdana jagung hibrida pada hari ini,” jelasnya.rik/rky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *