Terkait Pemekaran, Kotawaringin Dinilai Paling Siap

FOTO : Anggota DPR RI asal Kalteng, Drs Mukhtaruddin.

VN – PALANGKA RAYA – Wacana Pemekaran Provinsi Kalteng menjadi tiga dengan dimekarkannya sejumlah kabupaten di aliran Sungai Barito dan 5 kabupaten yang ada di wilayah kotawaringin terus bergulir.

Apalagi salah satu kawasan untuk Pemekaran Provinsi Kalteng yakni wilayah kotawaringin ternyata sudah siap untuk dimekarkan hanya tinggal menunggu pembukaan keran pemekaran dari pemerintah pusat saja.

Anggota DPR RI asal Kalteng Drs Mukhtaruddin, Rabu 8 November 2023, mengungkapkan, salah satu wilayah yang sangat potensial untuk Pemekaran Provinsi Kalteng, atau yang paling siap untuk dimekarkan adalah 5 kabupaten yang ada di wilayah Kotawaringin.

Menurut Mukhtaruddin, semua persyaratan untuk pemekaran lima kabupaten yang ada di Wilayah Kotawaringin sudah siap hanya tinggal pemerintah pusat saja membuka keran pemekaran wilayah di Indonsia.

“Saat ini masih moratorium untuk pemekaran wilayah di Indonesia, tetapi untuk pemekaran wilayah di kotawaringin sudah siap, karena semua persyaratan sudah dilengkapi dan sudah masuk ke pemerintah pusat usulannya,” ujarnya yang sejak lama telah memperjuangkan pemekaran Provinsi di Kalteng ini.

Artinya lanjut Kader Partai Golkar Kalteng ini, jika pemerintah pusat membuka keran wilayah di Indonesia bisa dimekarkan, provinsi baru dari lima kabupaten yang bergabung di kotawaringin sudah siap.

“Kita tinggal menunggu saja keputusan dari pemerintah pusat, jika keran pemekaran dibuka Provinsi di Korawaringin paling siap untuk dimekarkan,” ungkapnya.

Ada lima kabupaten yang akan membentuk satu provinsi di wilayah kotawaringin yakni Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Katingan, Sukamara dan Lamandau.

Sebelumnya Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran saat kunjungan kerja Wapres Ma’ruf Amin di Kalteng, dia meminta agar pemekaran Kotawaringin untuk menjadi provinsi sendiri bisa diwujudkan. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *